Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 80 Jangan Berbuat Syirik
Jumat, 9 Juni 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 80 – Jangan Berbuat Syirik adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 12 Dzulqa’dah 1444 H / 01 Juni 2023 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 80 – Jangan Berbuat Syirik

وَلَا يَأْمُرَكُمْ أَن تَتَّخِذُوا الْمَلَائِكَةَ وَالنَّبِيِّينَ أَرْبَابًا ۗ أَيَأْمُرُكُم بِالْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنتُم مُّسْلِمُونَ

“Dan dia tidak memerintahkan kepada kalian untuk menjadikan para malaikat dan nabi itu sebagai tuhan-tuhan. Apakah dia memerintahkan kekafiran setelah kalian muslim?” (QS. Ali ‘Imran[3]: 80)

Ayat yang mulia ini ada kaitan dengan ayat yang sebelumnya. Dimana ayat yang sebelumnya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

مَا كَانَ لِبَشَرٍ أَن يُؤْتِيَهُ اللَّهُ الْكِتَابَ وَالْحُكْمَ وَالنُّبُوَّةَ ثُمَّ يَقُولَ لِلنَّاسِ كُونُوا عِبَادًا لِّي مِن دُونِ اللَّهِ وَلَٰكِن كُونُوا رَبَّانِيِّينَ بِمَا كُنتُمْ تُعَلِّمُونَ الْكِتَابَ وَبِمَا كُنتُمْ تَدْرُسُونَ

“Tidak sekali-kali manusia yang diberikan oleh Allah kitab, hikmah, kenabian, kemudian dia berkata kepada manusia ‘Jadilah kalian penyembah-penyembahku.’ Akan dia berkata: ‘Jadilah kalian Rabbaniyyin (orang-orang yang taat kepada Allah) karena kalian mengajarkan Al-Kitab dan mempelajarinya.`” (QS. Ali ‘Imran[3]: 79)

Ini menerangkan bahwa tugas para rasul dan tugas nabi yang Allah Subhanahu wa Ta’ala utus adalah berdakwah yang mendakwahkan tauhid, bukan malah mengajak orang beribadah kepadanya.

Oleh karena itu kalau ada orang mengaku rasul kemudian memerintahkan orang berbuat syirik, ini berarti palsu.

Yang benar adalah mereka memerintahkan manusia untuk mentauhidkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana di ayat yang selanjutnya:

“Dan dia juga tidak memerintahkan kepada kalian untuk menjadikan para malaikat dan nabi itu sebagai tuhan-tuhan. Apakah dia memerintahkan kekafiran setelah kalian muslim?” (QS. Ali ‘Imran[3]: 80)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52971-tafsir-ali-imran-ayat-80-jangan-berbuat-syirik/